CONTOH PEMBUATAN MAKALAH

Makalah, ialah karya tulis ilmiah yang membahas pokok duduk perkara tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu. Makalah juga dapat diartikan sebagai karya akademis yang biasanya diterbitkan atau dipublikasikan pada jurnal yang bersifat ilmiah.

makalah juga dapat diartikan sebagai karya tulis yang membahas permasalahan tertentu dengan analisis yang logis dan objektif dan ditulis dengan sistematis.

Paper, ialah sebutan khusus untuk makalah di kalangan para akademisi (mahasiswa) dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3)

Artikel ilmiah, ialah sebutan khusus untuk makalah yang mengalami variasi dan pembiasaan tertentu, yang dipublikasikan melalui suatu jurnal ilmiah atau penerbitan khusus lain, tanpa meninggalkan prinsip dari struktur, format, sistematika dan isi makalah ilmiah.


Berikut pola pembuatan makalah yang baik dan benar

Unsur dasar sebuah makalah terdiri dari :

1. Cover ( hardcover maupun softcover)
2. Judul
3. Kata Pengantar / Prakata
4. Daftar Isi
5. Bab I : Pendahuluan
6. Bab II : Isi
7. Bab III : Penutup
8. Daftar Pustaka


Berikut klasifikasi sederhananya

1. Cover berisi


  • Judul Makalah
  • Tujuan pembuatan makalah
  • Nama Pembuat
  • Logo Lembaga/ Institusi
  • Nama Lembaga, beserta alamat
  • Tahun Akademik.


Contoh membuat cover makalah :

"Cara membuat makalah yang baik dan benar"

Tujuan pembuat bahan ini ialah menawarkan pola pembuatan makalah yang baik dan benar semoga tercipta kerja sama yang baik antara pembaca dan penulis



Ditulis oleh :Isya Ansyari

[Logo di sini]



Nama Sekolah/Perguruan Tinggi
Banjarmasin, Indonesia
2015



2. Judul Makalah


( boleh disamakan menyerupai bentuk cover )


3. Kata Pengantar / Prakata


Mukadimmah atau pembuka , misalnya ucapan puji dan syukur atas terselesaikannya pembuatan makalah.....

Serta mencantumkan judul makalah

Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap sudah membantu dalam pembuatan makalah tersebut, misalnya atas pemberian dan motivasi yang diberikan, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada : ...

[Penutup mukadimmah]
Misalnya penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna, oleh alasannya ialah itu saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan pembaca sangat diharapkan untuk penyempurnaan makalah ini.

[Tanggal dan nama penulis]
Misalnya Banjarmain, 14 februari 2015
Isya Ansyari


Contoh kata pengantar :

PRAKATA

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Yang Mahakuasa Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "cara membuat makalah yang baik dan benar". Atas pemberian dan motivasi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1. Bapak Suryadiputra, S.Pd, selaku kepala sekolah belajar, yang menawarkan bimbingan, saran, wangsit dan kesempatan untuk menggunakan akomodasi Laboratorium Bahasa.

2. Bapak Yusrandiharja, S.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang menawarkan dorongan, masukan kepada penulis.

3. Ibu Widia, S.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak menawarkan bahan pendukung, masukan, bimbingan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh alasannya ialah itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat diharapkan untuk penyempurnaan makalah ini.


Banjarmain, 14 februari 2015


Isya Ansyari



4. Daftar Isi


DAFTAR ISI bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam pencarian bahan yang ada dalam makalah tersebut berikut halamannya.

Halaman judul .................................................................................................................... i
Prakata ................................................................................................................................ii
Daftar Isi ............................................................................................................................iii



5. Bab I --- Pendahuluan


Dalam adegan ini kita menunjukan konsep, rencana, gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam Latar Belakang.

Tentukan juga Ruang Lingkup penelitian yang akan mencakup proses-proses yang digunakan untuk menuangkan permasalahan.

Tambahkan juga Tujuan dan Manfaat dari permasalahan yang sedang dibahas


Contoh Pendahuluan :

Bab 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam periode yang serba teknologi ketika ini, kemajuan bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik itu bidang sosial, bidang gosip maupun bidang pendidikan. Salah satunya membuat makalah yang baik dan benar, yaitu merupakan sistem gosip yang dituangkan ke dalam bentuk goresan pena karya ilmiah.

1.2 Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini akan mencakup cara membuat makalah yang baik dan benar dengan memperhatikan tanda-tanda baca, cara penulisan, tata bahasa yang baik dan benar.

1.3 Tujuan dan manfaat
Tujuan dari pembuatan makalah ini ialah :
1. Membantu siswa lebih kreatif
2. Memahami pola pikir ilmiah

Manfaat :
1. Memberikan siswa pengetahuan baru
2. Memperbaiki nilai pelajaran Bahasa Indonesia



6. Bab II --- Isi


Uraikan isi atau bahan makalah di sini, mulai dari:

Definisi / Landasan atau Dasar teori,
Ulasan materi
Penyelesaikan masalah,
Solusi , Hasil Peneltian
Kontribusi terhadap permasalahan yang ada pada bahan makalah



7. Bab III --- Penutup / Kesimpulan dan Saran


Pada penutup ini,uraikan kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian atas apa yang telah berjalan, kelebihan dan kekuranan hasil penelitian, perhitungannya matematis nya.

Berikan saran untuk keperluan penelitian akan datang, ataupun berikan saran kepada laboratorium sekolah, dan lain sebagainya dapat dicantumkan di sini.



8. Daftar Pustaka


Merupakan adegan terakhir dalam penyusunan sebuah makalah, Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan rujukan dalam pembuatan makalah tersebut. Perhatikan tata cara penulisan nama, gelar, jabatan semoga tidak mengaburkan pengertian pustaka.

Daftar pustakan meliputi jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview juga bias dari website internet. Akan tetapi, eksistensi / keabsahan website internet untuk dijadikan rujukan karya ilmiah masih menjadi pertentangan di kalangan akademisi.

Dalam hal ini saya tidak menyarankan untuk mengambil data atau literatur dari website semoga dapat menjadi sebuah karya yang benar-benar ilmiah.

Sumber https://learnmine.blogspot.com

0 Response to "CONTOH PEMBUATAN MAKALAH"

Posting Komentar