Sejarah pertambangan uranium di Kanada

 ditemukan pertama kali di Kanada pada pertengahan  Sejarah pertambangan uranium di KanadaUranium ditemukan pertama kali di Kanada pada pertengahan 1800-an di pantai utara Danau Superior. Namun, bijih uranium pertama kali mulai menjadi perhatian publik di awal 1930-an saat Eldorado Gold Mining Company mulai beroperasi di Pelabuhan Radium, Northwest Territories, untuk mengekstrak isi radium-nya. Sebuah kilang untuk memproduksi radium dibangun pada tahun berikutnya di Port Hope, Ontario, 5000 km jauhnya.

Eksplorasi uranium dimulai dengan serius pada tahun 1942, sebagai tanggapan atas seruan untuk keperluan militer. Sifat strategis materi tersebut menjadikan larangan pada calon pelanggan dan penambangan dari semua materi radioaktif di Kanada. Pada tahun 1943, pemerintah federal mengambil alih perusahaan Eldorado dan membentuk new Crown corporation - Eldorado Mining and Refining Limited yang kemudian menjadi Eldorado Nuclear Ltd, eksplorasi Uranium dibatasi pada upaya bersama dari Eldorado dan Survei Geologi Kanada.


Pascaperang, eksplorasi uranium mengalami perkembangan pesat saat larangan pada calon pelanggan swasta dicabut pada tahun 1947. Dan setelah deposit sekitar tempat Bancroft, Ontario, yang ditemukan awal 1950-an dan penemuan pertama di wilayah Ontario Elliot Lake pada tahun 1953. Provinsi Saskatchewan utara, uranium juga ditemukan pada 1950-an dan Eldorado Nuclear memulai pertambangan di Beaverlodge pada tahun 1953.

Pada tahun 1956, kemunculan ribuan sumber daya  radioaktif telah ditemukan. Beberapa terbukti deposit layak, dan pada tahun 1959, 23 tambang dengan 19 pabrik pengolahan yang beroperasi di lima distrik. Dari jumlah 19 tersebut, sekitar 11 di tempat Elliot Lake, termasuk pabrik terbesar, akan datang untuk dioperasikan oleh Rio Algom Ltd dan Denison Mines Ltd. Ketiga pabrik lain yang berada di akrab Bancroft (di tenggara Ontario), tiga di Saskatchewan utara dan dua di Northwest Territories.

Fase pertama produksi uranium di Kanada mencapai puncaknya pada tahun 1959 saat lebih dari 12.000 ton uranium diproduksi. Uranium menghasilkan C $ 330.000.000 pendapatan ekspor, lebih dari untuk ekspor mineral lainnya dari Kanada tahun itu. Namun, tingkat eksplorasi uranium menyusut pada tahun 1960, dan selama beberapa tahun ke depan jumlah tambang turun menjadi empat. Selama tahun 1960 pemerintah federal mendukung industri uranium dalam negeri dengan memulai kegiatan penimbunan yang berakhir pada tahun 1974, setelah beberapa 7000 ton uranium dibeli dengan biaya C $ 100 juta. Eksplorasi uranium dihidupkan kembali oleh ekspektasi pertumbuhan tenaga nuklir, dan sebagai balasannya beberapa deposito uranium gres ditemukan di Saskatchewan bab utara Athabasca Basin, dimulai pada final 1960-an.

Produksi Uranium di tempat Bancroft, Beaverlodge dan di Saskatchewan, berhenti pada tahun 1982 dan yang terakhir dari labour-intensive, tingkat rendah tambang Elliot Lake ditutup pada tahun 1996.

Info selengkapnya
Brief History of Uranium Mining in Canada
Sumber https://learnmine.blogspot.com

0 Response to "Sejarah pertambangan uranium di Kanada"

Posting Komentar